Doa Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan, Kurang Seminggu Lagi Nih!

Umat muslim sebaiknya membersihkan jiwa dan raga sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Nur Khotimah
Rabu, 15 Maret 2023 | 20:47 WIB
Doa Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan (Pexels.com)

Doa Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan (Pexels.com)

Matamata.com - Tak terasa tinggal sepekan lagi bulan Ramadhan akan segera tiba. Berbagai cara dilakukan umat muslim untuk menyambut bulan suci nan penuh rahmat ini, salah satunya dengan membersihkan diri secara fisik.

Mandi keramas alias mandi besar sebelum puasa Ramadhan telah menjadi kebiasaan sebagian besar umat muslim. Dengan mandi keramas, umat muslim yang akan mulai berpuasa bisa memastikan diri mereka secara fisik telah terjaga kesuciannya.

Lantas bagaimana doa mandi keramas sebelum puasa Ramadhan? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Doa Meluluhkan Hati Calon Mertua Agar Hubungan Diberi Restu

1. Tujuan Mandi Keramas sebelum Ramadhan

Mandi keramas atau mandi besar sebenarnya bukan aturan wajib. Namun alangkah baiknya umat muslim mandi keramas untuk menyucikan badan dari najis sebelum beribadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

2. Tata Cara Mandi Keramas sebelum Ramadhan

Baca Juga: Bacaan Doa Harian Lengkap di Bulan Ramadhan, Agar Ibadah Semakin Berkah

Mandi keramas sebelum Ramadhan sama halnya dengan mandi besar pada umumnya. Sebelum mandi keramas, sebaiknya membaca doa dan dilanjutkan mencuci tangan tiga kali.

Bagian tumbuh yang tersembunyi seperti kemaluan juga perlu diperhatikan untuk dibersihkan dengan tangan kiri. Jangan lupa mencuci kedua tangan setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor itu.

Tata cara mandi keramas dilanjutkan dengan berwudu seperti ketika akan salat. Kemudian guyurkan air ke bagian kepala sebanyak tiga kali, jangan lupa membersihkan pangkal rambut dengan jari-jari.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Ganti Ramadan Karena Haid dan Cara Mengerjakannya

Langkah terakhir adalah membersihkan seluruh anggota tubuh. Pastikan tubuh bagian kanan yang didahulukan, jangan sampai bagian lipatan tubuh juga terlewat.

3. Doa Mandi Keramas sebelum Bulan Ramadhan

Sebelum mandi keramas, sebaiknya membaca doa "Nawaitul ghusla li dhukuli romadhoona sunatalillahi ta'ala," yang artinya "Aku berniat mandi sunah bulan Ramadhan karena Allah Ta'ala.

4. Sunah sebelum Bulan Ramadhan

Selain mandi keramas, umat muslim sebaiknya juga mengamalkan sunah sebelum berpuasa di bulan Ramadhan. Apabila mandi keramas untuk menyucikan jasmani, maka amalan Sunah berikut ini akan membersihkan jiwa.

Pertama-tama, umat muslim diharapkan semakin banyak membaca istighfar. Saling memaafkan dengan keluarga, kerabat, dan teman sebelum Ramadhan juga dianjurkan.

Umat muslim sebaiknya memperbanyak pula tadarus Al-Qur'an dan mempelajari ilmu agama agar semakin siap menyambut bulan Ramadhan.

Itu dia berbagai hal yang berkaitan dengan doa mandi keramas sebelum puasa Ramadhan. Jangan lupa dihafal dan pahami maknanya, kemudian dilakukan ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi

Berita Terkait

TERKINI

Maia Estianty membagikan momen anak-anaknya nonton konser Coldplay bersama sepupu mereka.
indo | 07:30 WIB
"Mendidik dan membesarkan anak itu bukan karena duit," kata psikolog.
indo | 07:30 WIB
"Bunda nggak saltum tuh?" komentar salah satu netizen.
indo | 07:00 WIB
Meski Rebecca Klopper bungkam soal ini, bintang serialMozachikoini sudah melaporkan penyebar video syur itu ke Mabes Polri pada 22 Mei 2023.
indo | 06:30 WIB
"Dulu Bibi yang nemenin Vanessa saat terpuruk. Sekarang Fadly yang nemenin Rebecca," ujar netizen.
indo | 06:00 WIB
Simak Lirik Lagu Nemen dan Terjemahan, Trending di YouTube.
indo | 21:03 WIB
Fadly Faisal memegangi tangan Rebecca Klopper. Sesekali, kakak Fuji ini mengelus tangan pacarnya seakan memberikan kekuatan.
indo | 20:18 WIB
Sikap Fadly Faisal disebut sama dengan mendiang kakaknya, Bibi Ardiansyah.
indo | 20:11 WIB
Momen Indra Herlambang bareng artis Korea seru banget sampai bikin iri.
indo | 20:06 WIB
Tampilkan lebih banyak